IbM PEMANFAATAN WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUKSES DILAKSANAKAN DI SIDOARJO

Pemanfaatan Website dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika adalah suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam skim IbM (Iptek bagi Masyarakat) yang didanai oleh kemenristekdikti dan dilaksanakan oleh tiga dosen Universitas PGRI Adi Buana yaitu Erna Puji Astutik, S.Si., M.Pd., M.Sc., Hanim Fauziah, S.Si., M.Pd., dan Drs. Prayogo, M.Kom. dari program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salah satu bentuk kegiatannya adalah pelatihan yang dilaksanakan di dua sekolah mitra yaitu MI Ma’arif Kedensari Sidoarjo pada tanggal 15 Juni 2017  dan SD Islam Wahid Hasyim Sidoarjo pada tanggal 17 Juni 2017. Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah guru mata pelajaran matematika dan guru kelas pada kedua sekolah mitra tersebut.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan solusi kepada para pengajar melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan bagi guru di sekolah mitra tentang pemanfaatan website dalam pembelajaran matematika. Website yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sebuah situs website yang di kelola oleh NCTM yang dapat diakses pada laman   http://illuminations.nctm.org.  Website ini  menyediakan akses pengajaran dan pembelajaran matematika, termasuk media interaktif untuk siswa dan dukungan instruksional/petunjuk bagi para guru yang terdiri dari lebih 700 rencana pembelajaran dan 100 aktivitas pembelajaran yang terdiri dari manipulatif virtual, applet, dan permainan.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, guru terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti intruksi dan mencoba beberapa aplikasi yang terdapat di website. Untuk selanjutnya para guru akan diberikan pendampingan untuk dapat melaksanakan pembelajaran matematika di kelas masing-masing dengan memanfaatkan website yang diakses pada laman http://illuminations.nctm.org

Dengan memanfaatkan website ini guru diharapkan dapat memberikan suatu kegiatan pembelajaran kepada siswa yang bertujuan agar meningkatkan keaktifan siswa di dalam pembelajaran matematika di kelas. Target khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah kemampuan guru dalam memanfaatkan website sebagai media pembelajaran di kelas serta keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika meningkat.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, pengajar atau guru dapat memanfaatkan segala bentuk kegiatan di Internet khususnya website sebagai media pembelajaran yang aktif di kelas dan dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *